Ganti Nama

Tumben, hari ini saya merasa ada yang "ribet" dari blog ini.
Ternyata hanya persoalan nama atau judul blog. Dari awal membuat blog di Wordpress hingga hijrah ke Blogger, saya memutuskan "Universe of 42" sebagai judul blog. Alasannya memang agak romantis: angka 42 kerap menyertai dan menghantui kehidupan saya. Jika ditanya contohnya apa saja, sudah terlalu banyak dan dulu pernah saya bahas di blog Multiply. Intinya adalah angka 42 pernah begitu sering mampir dalam kejadian-kejadian sepele sepanjang hidup saya dan cenderung menunjukkan pertanda yang membuat saya menelaah maknanya. Akhirnya saya putuskan menggunakan "Universe of 42" sebagai cerminan salah satu makna angka ini (dari sebuah sumber): antara Tuhan yang muncul lewat simbol 777 dan iblis 666 (42 adalah hasil perkalian 6 & 7, ceunah). Lalu, saya percaya bahwa segala yang tertuang di blog pribadi saya merupakan wujud ide, imajinasi, pengalaman, serta harapan yang serba kontradiktif. Ada nilai kebaikan dan dosa di dalamnya. Intinya, selayaknya manusia, dunia 42 ciptaan saya ini penuh dengan paparan yang mengandung dan mengangkat sisi humanis manusia juga kehidupan. Tentunya penuh dengan amal sekaligus dosa, bukan? Bukan.

Beberapa waktu lalu, saya mulai bosan melihat tampilan blog yang sudah terasa monoton. Akhirnya, saya putuskan membuat logo baru untuk si blog. Saya menggunakan font yang sama dengan apa yang membentuk tulisan "mantha" pada banner di blog saya ini, dengan tulisan "Universe of 42" (judul blog lama saya). Sayangnya, tidak bagus, tidak indah, dan tidak proporsional. Walaupun saya bukan anak desain, yang jelas proporsi tulisan "Universe of" dan angka "42" itu tidak bikin sreg. Hingga akhirnya lahirlah nama baru dari blog ini, yaitu "mantha" yang berarti: membagi. Harapannya, sih, memang blog ini menjadi wadah saya untuk membagi kisah-kisah kehidupan yang nyatanya belum diupdate secara harian.

Nah, hari ini, ketika saya sedang menulis postingan baru dan mengunjungi blog sendiri, tiba-tiba muncul wacana betapa ribetnya blog ini karena memiliki judul yang berbeda: "mantha" untuk di banner sebagai judul dan "Universe of 42" di browser tab. Demi mencapai harmonisasi yang selaras dan mudah diingat, akhirnya saya putuskan untuk mengganti judul blog seluruhnya menjadi "mantha". Sayang, sih, memang, mengganti nama blog yang sudah dikenal (teman-teman doang padahal, sok beken) selama beberapa tahun. Tapi, yah, itu tadi. Daripada ribet, memang harus ada yang berubah. Hidup memang pilihan, bahkan di dunia maya. Terlalu melankolis, Kania.

Jadi demikian: nama blog saya sekarang sudah diputuskan menjadi "mantha". Semoga ke depannya ada kesempatan untuk bikin blog baru berjudul "Universe of 42" yang dari dulu saya definisikan sebagai the existence of self: God and evil within.***



Jakarta, 01 Oktober 2013

Comments

Popular posts from this blog

Tentang Sebuah Hubungan

[Ulasan Buku] Manuscript Found in Accra

Ulasan Musik: London Grammar